10.12.2010

ANALISIS SWOT COCA COLA dan PEPSI COLA

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang SWOT antara Pepsi Cola dan Coca Cola...

Analisis SWOT terdiri dari 4 komponen yang masing masing berdiri diantaranya:
  • Strength (S) yaitu dimana kondisi ini berada pada kekuatan dari organisasi disuatu perusahaan.
  • Weakness (W) kondisi yang merupakan kelemahan organisasi.
  • Opportunity (O) kondisi dimana organisasi mendapatkan peluang dimasa depan.
  • Threat (T) situasi yang merupakan ancaman bagi sebuah organisasi atau perusahaan yang datang dari luar.

SWOT COCA COLA

STRENGTH
Coca cola memilki brand image yang sudah tidak diragukan lagi. Perusahaan coca cola juga memiliki SDM yang baik. Strategi pemasaran dan penjualan(pemasaran) yang dimilikinya membuat para konsumen tetap setia dengan minuman yang satu ini. Salah satu yang dilakukan adalah terus berinovasi dan mempertahankan kepercayaan yang telah didapatkan. Selain itu Loyalitas konsumen dan kepedulian coca cola company kepada lingkunagn sangatlah besar. Sehingga ini merupakan aspek yang sangat berpengaruh pada kekuatannya.

Weakness
Diantaranya terdapat kelemahan yaitu ketersediaan bahan baku dan biaya produksi yang masih tinggi. Masih sering terpaku pada suatu produk yang terkenal saja sedangkan minuman lain yang masih satu company terkadang seperti diacuhkan.

Opportunity
Minuman karbonasi seperti coca cola mudah ditemui di mana-mana. selain itu Teknologi yang semakin maju membuat Company ini dapat lebih berinovasi.

Threats
Salah satu ancaman bagi coca cola adalah semakin meningkatnya biaya produksi. Coca cola company juga mendapatkan ancaman dari merk-merk terkenal seperti Pepsico,cadburry,nestle dll yang menjadi pesaing beratnya. Adanya selentingan bahwa coca cola dapat mengganggu kesehatan dan mengandung bahan yang berbahya menjadi ancaman yang serius pada coca cola.


SWOT PEPSI COLA

Strength
Pepsi adalah salah satu produk yang tekenal di dunia yang senantiasa selalu menjaga kualitasnya. Selain memiliki brand yang baik dimata dunia Pepsi juga memilki kolega atau sponsor yang banyak mendukungnya. Selain itu Keanekaragaman dari Pepsico juga menjadi salah satu kekuatannya.

Weakness
Ongkos produksi juga merupakan salah satu kelemahan dari Pepsi ini. Selain itu pendistribusian tidak sekuat perusahaan pesaingnya yaitu Coca cola. Karena banyak produk yang ditawarkan oleh Pepsico menjadikan kurang terfokusnya produk-produk tersebut.

Opportunity
Pendistribusian yang baik dan pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin meningkat membuat peluang yang baik pada perusahaan ini.

Threats
Sama seperti Coca cola Company Pepsico juga memilki pesaing yang sama besarnya yaitu Coca cola Company itu sendiri. Berebut pasar dan konsumen yang nantinya dapat mengakibatkan penurunan keuntungan adalah ancaman terbesar saat ini.


Sekian dulu untuk postingan kali ini semoga dapat bermanfaat.


TERUS BERGERAK DAN TETAP SEMANGAT TEMAN :)

0 komentar:

Posting Komentar